×

Penana
search
Loginarrow_drop_down
Registerarrow_drop_down
Please use Chrome or Firefox for better user experience!
Pengaruh Musik Terhadap Konsentrasi Belajar
G
0
0
0
404
0

swap_vert

Semi karya tulis ilmiah ini ditulis oleh Ikvan Adi Santoso

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Pendahuluan

Musik bagi manusia sudah menjadi kebutuhan, dengan musik kita bisa menenangkan jiwa dimana musik dapat menghibur dan menemtramkan hati kita karena musik mampu merangsang rasa Bahagia melalui telinga lalu dikirim ke otak dan diiringi detak jantung yang menyesuaikan irama musik yang didengar, sehingga menimbulkan perasaan nyaman. Musik dapat mempengaruhi perasaan, dan perasaan dapat mempengaruhi aktivitas kita. Menurut Djon (2016) Musik yang tepat cenderung mengendalikan sekaligus menggugah otak dan seluruh sistem syaraf Jadi musik yang dimanfaatkan secara tepat dapat mengaktifkan kemampuan total mereka lebih banyak karena mereka mengerahkan pikiran sepenuhnya untuk belajar

Musik juga bisa membuat pikiran manusia menjadi tenang. Menurut apa yang dikatakan Justin & Saloba, “perasaan lebih baik ini muncul karna relasi musik dengan emosi, yaitu musik dapat membuat orang merasakan senang, sedih, serta dapat memberikan ketenangan bagi pendengarnya”. Dengan demikian musik berpengaruh terhadap emosi manusia, jadi emosi tersebut dapat membuat seseorang merasakan positif atau perasaan yang lebih baik, oleh karena itu banyak muncul anggapan mendengarkan musik dapat merubah mood atau perasaan sesorang terhadap aktivitas yang dilakukan seperti belajar atau mengerjakan tugas. Mendengarkan musik ketika belajar menjadi salah satu cara yang sering kita jumpai untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengembangkan kreativitas diri melalui emosi positif yang dihasilkan dari mendengarkan musik.

Pembahasan

Menurut Behne (1977) Orang mendengarkan musik untuk mengubah emosi, untuk melepaskan emosi, untuk mencocokkan emosi mereka saat ini, untuk menikmati atau menghibur diri dan untuk mengurangi stres. Dengan mendengarkan musik, kondisi emosi kita akan meningkat ke arah yang lebih baik sehingga kita dapat menghilangkan badmood dengan mendengarkan musik. Hal ini sangat berguna jika semangat belajar kita tidak baik, kita dapat mendapatkan semangat itu lagi dengan cara mendengarkan musik. 

Salah satu faktor penting dalam proses belajar adalah konsentrasi, dan konsentrasi itu dipengaruhi banyak hal, salah satunya musik Pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar disebabkan oleh paling sedikit tujuh faktor, yaitu: (1) memunculkan emosi tertentu yang dibangkitkan oleh jenis musik tertentu, (2) preferensi musik yang dimiliki siswa, (3) pengetahuan siswa mengenai topik yang dipelajari, (4) teknik berpikir yang dibutuhkan siswa,  (5) tinggi atau rendahnya volume musik, (6) jenis karakter musik yang dipakai, dan (7) waktu pemutaran musik. Beberapa penelitian menunjukkan faktor paling berpengaruh adalah jenis musik terhadap emosi yang dihasilkan, bahwa musik yang berbeda dapat menghasilkan perasaan yang berbeda juga. Zentner, Grandjen, dan Scherer mengemukakan bahwa genre musik yang berbeda dapat meyebabkan timbulnya emosi yang berbeda pula, contoh musik heavy metal yang memberikan efek negatif terhadap emosi sesoeorang, tetapi Zentner dkk. mengatakan tidak semua individu bereaksi secara emosional terhadap musik, oleh karena itu faktor genre atau jenis musik tidak dapat dimutlakkan memengaruhi emosi seseorang. 

Terdapat dampak positif mendengarkan musik saat belajar, yaitu: membuat proses belajar lebih menyenangkan, meningkatkan fokus belajar, mencegah dari stress, membuat membuat lebih mudah mengingat informasi baru, memvisualisasikan materi pelajaran dengan baik, dan meningkatkan motivasi belajar. Meskipun memiliki banyak dampak positif mendengarkankan musik saat belajar juga bisa mengakibatkan dampak buruk pada proses pembelajaran seperti mengalihkan perhatian, dampak negatif terhadap memori kerja, dan menurunkan pemahaman baca.  

Lalu apakah dengan mendengarkan musik bisa meningkatkan konsentrasi ketika belajar? Jika kita mendengarkan musik dapat meningkatkan konsentrasi, semangat, dan tidak merasa terganggu kita bisa memanfaatkan musik sebagai alat bantu kita untuk belajar. Tetapi tidak semua orang bereaksi secara emosional ketika mendengarkan musik, terdapat orang yang konsentrasi terganggu ketika belajar dengan mendengarkan musik dan itu normal-normal saja. Jadi penggunaan musik untuk penunjang belajar tergantung kepada gaya belajar dan individu kita masing-masing.

Penutup

Musik dipercaya bisa membuat mood kita menjadi lebih baik, karena musik dapat mempengaruhi pikiran dan ketenangan kita.. Berikut merupakan pengaruh yang ditimbulkan musik pada diri kita : dengan musik menjadi tidak bosan saat belajar; meningkatkan kreativitas berfikir, menambah kosa kata; membuat relax dan tenang pembelajaran yang sedang dipelajari mudah diingat; menghilangkan rasa gugup dan stres. Musik yang dipakai dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh terhadap konsentrasi belajar kita. Pengaruh ini bisa bersifat positif atau negatif, tergantung individu masing-masing dan berbagai faktor yang telah dipaparkan sebelumnya. 

favorite
0 likes
Be the first to like this issue!
swap_vert

X